Kemenkes Raih 10 besar Transparansi Informasi

Categories:


Komisi Informasi Pusat (KIP) mengumumkan Kementerian Kesehatan menjadi 10 kementerian terbaik dalam transparansi informasi publik. “Penilaian pada prinsipnya untuk membedah informasi yang dikuasai badan publik,” kata Ketua KIP Abdulhamid Dipopramono, di Jakarta, pertengahan Desember 2014.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Kesehatan, drg. Murti Utami, MPH, mengaku bangga lembaganya menjadi 10 besar Kementerian terbaik dalam transparansi informasi publik. “Penghargaan tersebut diharapkan dapat terus meningkatkan semangat dan komitmen pimpinan dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi kementerian dalam mengelola dan memberi pelayanan informasi publik,” ujar Murti.

Penilaian yang berlangsung sejak 27 Oktober hingga 4 Desember 2014 ini dilakukan oleh tim komisioner yang beranggotakan tenaga ahli, asisten ahli, dan staf administrasi yang berperan sebagai pelaksana teknis lapangan. Penilaian dilakukan melalui metode penyebaran kuesioner ke 414 badan publik yang terdiri atas kementerian dan lembaga, pemerintah provinsi, badan usaha milik negara, partai politik, dan perguruan tinggi negeri. Dan dari 414 kuesioner hanya 166 institusi yang mengembalikan. Selain Kemenkes, KIP juga menetapkan sembilan kementerian lain yang mendapat nilai teratas.

Kesembilan isntitusi itu antara lain Kementrian Keuangan, Kementerian Perindutrian, Kementerian Perhubungan, Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Pertanian, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Agama, dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Dan Kementerian keuangan menjadi satu-satunya institusi yang memperoleh nilai 100 dari 34 kementerian lain.

 

Leave a Reply