Penyakit Meningitis dan Ibadah Haji

Categories:


Meningitis, penyakit yang banyak menarik perhatian, terutama umat Islam. Apalagi bagi yang akan menunaikan ibadah haji pada tahun 2009 ini. Perhatian itu terkait pada kewajiban mendapat imunisasi sebelum berangkat ke Tanah Suci, Mekah. Apalagi, vaksin meningitis terindikasi masih mengandung unsur babi yang hukumnya haram bagi umat islam.
Miningitis, sering disebut meningitis miningokokus. Sejenis penyakit radang selaput otak atau sumsum tulang belang yang terjadi secara akut, yang disebabkan oleh bakteri neisseria meningitides. Penyakit ini sangat berbahaya, selain cepat menular, dapat menyebabkan kematian. Apabila sembuh dapat meninggalkan kecacatan akibat kerusakan di otak.
Untuk mengetahui penyakit meningitis, terdapat tanda dan gejala panas tinggi yang mendadak, nyeri kepala disertai kaku kuduk, mual, muntah, kejang, timbulnya bercak merah pada kulit dan kesadaran menurun, kemudian tak sadarkan diri. Panyakit ini menular melalui kontak langsung. Seperti percikan cairan hidung dan tenggorokan pada saat batuk dan bersin dari penderita meningitis miningokokus.

Leave a Reply