RSUP Dr. Sardjito: Tingkatkan Kepuasan Pelanggan

Categories:


Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat RS Dr. Sardjito secera periodik melakukan pertemuan dengan pelanggan eksternal, termasuk para LSM yang bersuara keras. Melalui pertemuan tersebut, pihak rumah sakit mendapat masukan secara langsung apa yang menjadi harapan masyarakat terhadap rumah sakit. Berikutnya rumah sakit menindaklanjuti menjadi program aksi dan mengevaluasi pada periode tertentu.

Hal ini disampaikan Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito, dr Muhammad Safak Hanung, Spa, MPH kepada awak media 20 Mei yang lalu di Yogyakarta.

Menurut direktur, RSUP Sardjito merupakan rumah sakit rujukan nasional, kelas A dan sudah akretasi KARS paripurna. Selain ini juga telah mendapat akreditasi JCI sebagai rumah sakit pendidikan yang diakui secera internasional.

“Kami telah mempersiapkannya selama dua tahun, kemudian tahun 2013 RSUP Dr Sardjito telah lulus JCI. Untuk mendapatkan sertifikasi memang tidak mudah, karena penilaian yang dilakukan sangat ketat. Untuk mendapatkan akreditasi harus melakukan perbaikan peningkatan mutu pelayanan, SDM, sarana prasarana, administrasi dan komunikasi yang mengarah kepada pencapaian akreditasi international” ujar dr. Muhammad.

Menurut dr. Safak, terdapat 14 standar yang telah ditetapkan JCI. Kesemua standar harus dipenuhi RS. Salah satunya standar Patient and Family Education (PFE). Sebab peran RS, tidak hanya sebagai pusat pelayan kesehatan, tetapi harus bisa mengedukasi pasien dan keluarga pasien, termasuk pola hidup bersih dan sehat.

“Perbaikan tertuju pada standar pelayanan pasien, sekalipun praktiknya, RS harus memberikan pelayanan paripurna hingga sembuh. Disamping meningkatkan standar pelayanan yang aman dan nyaman. Serta menghilangkan terjadinya malpraktek dan medical error. Untuk mencapai tujuan memerlukan perubahan mindset dari setiap SDM yang bekerja di RSUP Dr Sardjito”, ujarnya

Menurut Kepala Bagian Humas, Heru mengaku mengubah mindset karyawan sangat sulit. Apalagi RSUP Dr Sardjito memiliki karyawan yang jumlahnya mencapai 3.000 orang lebih. Mereka harus memiliki semangat bekerja yang awalnya biasa saja menjadi luar biasa.

 

Pelayanan Unggulan

Diantara pelayanan unggulan RSUP Dr. Sardjito yakni pelayanan jantung terpadu dan kanker terpadu. RS Dr. Sardjito telah mengembangkan pelayanan jantung terpadu dan paripurna mulai dari taraf pencegahan, pemeriksaan dini, perawatan / pengobatan sampai ke tindakan medik, termasuk upaya perawatan rehabilitatif. Adapun untuk mendukung dokter spesialis jantung dan konsultan, telah tersedia fasilitas utama dan fasilitas pendukung seperti perawatan pasien bedah jantung dewasa dan anak-anak, perawatan penyakit jantung koroner intensif dan perawatan kegawatan jantung non koroner dewasa dan anak.

“Selain itu telah tersedia juga perawatan penyakit jantung intensif lengkap dengan monitor 24 jam, katerisasi Jantung, Echocardiografi, Treadmill Test, Holter Monitor, Klinik Perjanjian, Pacu Jantung Temporer dan Permanen serta Penyuluhan dan Rehabilitasi Jantung”, ujar dr. Muhammad Safak.

Menurut dr. Safak, khusus pelayanan kanker terpadu, sebagai rumah sakit rujukan nasional, melakukan pelayanan kanker tuntas, yaitu mulai dari pencegahan, deteksi dini, diagnosis terapi, sampai dengan rehabilitasi, pengobatan terminal terapi terapi nyeri kanker. RS Sardjito mampu melayani semua jenis kanker. Selain sarana, telah tersedia tenaga spesialis bidang kanker.

“Pasien kanker mendapat pelayanan secara terpadu sejak awal oleh suatu tim dokter spesialis. Mekanisme ini dapat menghemat waktu, mengurangi alur birokratis dan menekan biaya yang harus keluar dari pasien. Apalagi pasien dapat ditangani pada stadium lebih awal, dipastian dapat meningkatkan angka ketahanan hidup pasien”, ujar Safak.

Adapun jenis kegiatan yang diberikan kepada masyarakat berupa pencegahan primer, deteksi dan diagnosis dini, peningkatan pelayanan penderita kanker, pelayanan rehabilitasi penderita kanker, pendidikan dan pelatihan tenaga, registrasi kanker da penelitian dan pengembangan. Selain itu juga melayani penyuluhan cara hidup sehat untuk pencegahan kanker, deteksi dan diagnosis dini,pap’s smear, mammografi, aspirasi jarum halus, penyuluhan dan pelatihan SADARI.

RSUP Dr. Sardjito Tingkatkan Kepuasan Pelanggan2

Leave a Reply